Menara Eiffel (bahasa
Prancis: Tour
Eiffel, /tuʀ ɛfɛl/) merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ
de Mars di tepi Sungai
Seine, Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Prancis dan salah satu struktur terkenal di
dunia.
Dinamai sesuai nama
perancangnya, Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di
dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak
pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun 2006, menjadikannya
monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia. Termasuk antena
setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak
2000, yang sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81.
Ketika menara selesai
dibangun tahun 1889, struktur ini menjadi yang tertinggi di dunia — gelar yang
dipertahankan hingga 1930 ketika Chrysler
Building di New
York City (319 m — 1.047
kaki) selesai. Menara ini sekarang yang tertingggi kelima di Prancis dan
paling tinggi di Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour
Montparnasse (210
m — 689 kaki), meskipun akan dikalahkan oleh Tour
AXA (225.11 m — 738.36 kaki).
Struktur besi Menara
Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen
non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat
menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang
menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6–7 cm (2-3 inci) dalam
suasana berangin. Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300
ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan
kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter
kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder
dengan dimensi yang sama, setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat
menara 10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara.
Tingkat pertama dan
kedua dapat diakses dengan tangga dan lift. Sebuah loket tiket di menara selatan
menjual tiket ke anak tangga yang dimulai di tempat itu. Di serambi pertama
tangga menaik dari menara timur dan pertemuan tingkat ketika hanya dapat
diakses dengan lift. Dari platform pertama atau kedua tangga dibuka bagi semua
orang yang naik dan turun tergantung apabila mereka telah membeli tiket lift
atau tiket tangga. Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328 ke tingkat
pertama, 340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat kedua. Ketika
keluar lift di tingkat ketiga terdapat 15 anak tangga naik menuju platform
pengamatan atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap di sisi tangga
untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga naik memberikan
pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara meskipun beberapa anak tangga
pendek tertutup.
Perawatan menara
terdiri dari pengadaan 50 hingga 60 ton cat setiap tujuh tahun untuk menjaganya
dari karatan. Untuk menjaga penampilannya terhadap pengunjung di bawah, tiga
warna berbeda digunakan pada menara ini, dengan warna gelap di bawah dan warna
terang di atas. Warna cat diubah; menara ini dicat coklat-kelabu. Di
tingkat pertama terdapat konsol interaktif yang memberitahukan warna pada
pengecatan selanjutnya. Arsitek Menara Eiffel adalah Emile Nouguier, Maurice Koechlin dan Stephen Sauvestre.
Struktur ini dibangun
antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran
Dunia yang merayakan
seabad Revolusi Prancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun
menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung
jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak
cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim
drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris,
dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889. Menara ini diresmikan tanggal 31
Maret 1889, dan dibuka tanggal 6
Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama
18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural),
menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar
langit modern yang tak
biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi,
karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak,
rel bantu dan layar, hanya satu orang yang meninggal.
Struktur ini dibangun
antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran
Dunia yang merayakan
seabad Revolusi Prancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun
menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang
bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak
cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim
drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris,
dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889. Menara ini diresmikan tanggal 31
Maret 1889, dan dibuka tanggal 6
Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama
18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural),
menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar
langit modern yang tak
biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi,
karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak,
rel bantu dan layar, hanya satu orang yang meninggal.
Ketika menara
dibangun banyak orang dikejutkan dengan bentuknya yang menantang. Eiffel
dikritik untuk desain ini dan dipaksa mencoba merancang sesuatu yang berseni,
atau tak berseni dari sisi pandang, tanpa keinginan membangun. Eiffel dan
insinyurnya, dikenal sebagai pembangun jembatan, mengerti kepentingan kekuatan
angin dan tahu bahwa mereka akan membangun struktur tertinggi di dunia mereka
harus mencocokannya dengan tiupan angin. Dalam wawancara yang dilaporkan surat
kabar Le Temps, Eiffel mengatakan:
“
|
Sekarang untuk apa
saya memberikan alasan utama perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya menyatakan bahwa lengkungan
empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan matematika (...) akan
memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan keindahan, dan memberikan
kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan desain secara keseluruhan.
|
”
|
Bentuk menara
sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitungan matematika yang tahan angin.
Beberapa teori perhitungan ini telah direncanakan bertahun-tahun, yang terbaru
adalah persamaan berbeda integral nonlinear didasarkan pada pengimbangan tekanan
angin dari sisi apapun pada menara dengan ketegangan antara elemen konstruksi
pada waktu itu. Bentuknya eksponensial. Plot berbahaya pada lengkungan menara,
menampilkan dua eksponen yang berbeda, bagian bawah memiliki pertahanan kuat
melawan angin.
Sumber:https://id.wikipedia.org
Menara
Eiffel atau yang biasa
disebut oleh orang Prancis dengan nama La Tour Eiffel merupakan salah satu
bangunan yang paling terkenal di seluruh dunia. Tidak mengherankan jika menara
ini menjadi ikon dan simbol kota Paris.
Rupanya, dibalik menara megah nan menjulang ini ada 10 fakta dan sejarah yang menarik. Berikut adalah fakta dan sejarah singkat seperti yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber.
Rupanya, dibalik menara megah nan menjulang ini ada 10 fakta dan sejarah yang menarik. Berikut adalah fakta dan sejarah singkat seperti yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber.
1.
Seharusnya
Hanya Berdiri Selama 20 Tahun
Menara Eiffel dirancang dan dibangun oleh perusahaan milik Gustave Eiffel, Compagnie des Établissements Eiffel. Menara ini dibangun untuk menjadi pusat perhatian saat event 1889 World's Fair di Paris.
Menara Eiffel dirancang dan dibangun oleh perusahaan milik Gustave Eiffel, Compagnie des Établissements Eiffel. Menara ini dibangun untuk menjadi pusat perhatian saat event 1889 World's Fair di Paris.
Menara ini seharusnya dirubuhkan pada tahun
1909 atau 20 tahun setelah berdiri. Tetapi karena menara ini memiliki antena
radio yang berguna, pemerintah Paris mengurungkan niatnya untuk membongkar
Menara Eiffel.
2.
Pernah
"Dijual" oleh Penipu
Menara ini sempat "dijual" oleh penipu bernama Victor Lustig kepada dealer besi tua. Setelah membaca artikel tentang biaya pemeliharaan menara Eiffel yang terlalu tinggi, Lustig pun membuat dokumen palsu dan menipu dealer besi tua untuk memberikannya uang dalam jumlah banyak.
Menara ini sempat "dijual" oleh penipu bernama Victor Lustig kepada dealer besi tua. Setelah membaca artikel tentang biaya pemeliharaan menara Eiffel yang terlalu tinggi, Lustig pun membuat dokumen palsu dan menipu dealer besi tua untuk memberikannya uang dalam jumlah banyak.
3.
Sempat
Menjadi Bangunan Tertinggi di Dunia
Dengan ketinggian mencapai 300 meter, Menara Eiffel sempat memegang gelar bangunan tertingi di dunia selama empat dekade. Rekornya ini kemudian dipatahkan oleh Chrysler Building di New York yang pembangunannya selesai pada tahun 1930.
Dengan ketinggian mencapai 300 meter, Menara Eiffel sempat memegang gelar bangunan tertingi di dunia selama empat dekade. Rekornya ini kemudian dipatahkan oleh Chrysler Building di New York yang pembangunannya selesai pada tahun 1930.
4.
"Sepupu"
dari Patung Liberty
Ketika perancang interior Patung Liberty meninggal secara tiba-tiba pada tahun 1879, Gustave Eiffel pun dipekerjakan sebagai penggantinya. Ia kemudian merancang sistem rangka penopang Patung Liberty.
Ketika perancang interior Patung Liberty meninggal secara tiba-tiba pada tahun 1879, Gustave Eiffel pun dipekerjakan sebagai penggantinya. Ia kemudian merancang sistem rangka penopang Patung Liberty.
5.
Dibenci
oleh Seniman Prancis
Walaupun saat ini merupakan salah satu ikon kebanggaan masyarakat Paris, Menara Eiffel awalnya sempat dibenci oleh seniman-seniman di Paris. Pada tahun 1887, 300 seniman menandatangani petisi yang mendeskripsikan Menara Eiffel sebagai "tidak berguna dan mengerikan".
Walaupun saat ini merupakan salah satu ikon kebanggaan masyarakat Paris, Menara Eiffel awalnya sempat dibenci oleh seniman-seniman di Paris. Pada tahun 1887, 300 seniman menandatangani petisi yang mendeskripsikan Menara Eiffel sebagai "tidak berguna dan mengerikan".
6.
Memiliki
Laboratorium Tersembunyi
Gustave Eiffel membangun laboratorium meteorologi tersembunyi di lantai tiga Menara Eiffel di mana ia dan beberapa ilmuwan Prancis lainnya melakukan berbagai percobaan fisika, aerodinamika, bahkan membangun terowongan angin.
Gustave Eiffel membangun laboratorium meteorologi tersembunyi di lantai tiga Menara Eiffel di mana ia dan beberapa ilmuwan Prancis lainnya melakukan berbagai percobaan fisika, aerodinamika, bahkan membangun terowongan angin.
7.
Menggunakan 20.000
Lampu di Malam Hari
Menara Eiffel memang terlihat lebih menakjubkan di malam hari. Hal ini karena berdasarkan statistik resmi, Menara Eiffel menggunakan sekitar 20.000 lampu untuk menghiasi langit malam.
Selain itu, tidak sembarang orang bisa menerbitkan foto Menara Eiffel saat semua lampunya dinyalakan, karena menurut undang-undang Uni Eropa desain pencahayaan ini merupakan karya seni. Fotografer harus mendapatkan izin dari Société Nouvelle d'Exploitation de la Tour Eiffel terlebih dahulu.
Menara Eiffel memang terlihat lebih menakjubkan di malam hari. Hal ini karena berdasarkan statistik resmi, Menara Eiffel menggunakan sekitar 20.000 lampu untuk menghiasi langit malam.
Selain itu, tidak sembarang orang bisa menerbitkan foto Menara Eiffel saat semua lampunya dinyalakan, karena menurut undang-undang Uni Eropa desain pencahayaan ini merupakan karya seni. Fotografer harus mendapatkan izin dari Société Nouvelle d'Exploitation de la Tour Eiffel terlebih dahulu.
8.
Bisa Tumbuh Saat
Musim Panas
Tinggi Menara Eiffel bisa tumbuh sekitar 15 cm saat musim panas karena dipengaruhi oleh matahari. Tentu ini tidak mengejutkan karena menara ini seluruhnya terdiri dari metal. Selain itu, puncaknya juga bisa bergeser dari matahari hingga 18 cm karena ekspansi termal pada sisi yang menghadap matahari.
Tinggi Menara Eiffel bisa tumbuh sekitar 15 cm saat musim panas karena dipengaruhi oleh matahari. Tentu ini tidak mengejutkan karena menara ini seluruhnya terdiri dari metal. Selain itu, puncaknya juga bisa bergeser dari matahari hingga 18 cm karena ekspansi termal pada sisi yang menghadap matahari.
9.
Hendak Dihancurkan
Hitler
Ketika Jerman menduduki Prancis saat Perang Dunia Kedua, Adolf Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz untuk menghancurkan Menara Eiffel dan bagian kota Paris lainnya. Untungnya von Choltitz menolak perintah tersebut.
Ketika Jerman menduduki Prancis saat Perang Dunia Kedua, Adolf Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz untuk menghancurkan Menara Eiffel dan bagian kota Paris lainnya. Untungnya von Choltitz menolak perintah tersebut.
10. Dinikahi Seorang Wanita
Pada tahun 2007, seorang wanita bernama Erika La Tour Eiffel menikahi Menara Eiffel. Ia mengaku sebagai seseorang yang memiliki ketertarikan seksual dengan benda mati dan hatinya telah dicuri oleh Menara Eiffel.
Pada tahun 2007, seorang wanita bernama Erika La Tour Eiffel menikahi Menara Eiffel. Ia mengaku sebagai seseorang yang memiliki ketertarikan seksual dengan benda mati dan hatinya telah dicuri oleh Menara Eiffel.
Sumber:https://travel.detik.com
0 komentar:
Posting Komentar